BURJO (edisi 2/terakhir)

Awalnya gw pede aja nampangin tulisan lewat blog.tapi lama2 kok blog perkembangannya biasa2 aja.wah kelihatannya nih blog kudu gw keluarin ke dunia nyata.

maka akhirnya tepat di bulan November gw berencana nerbitin BURJO 2nd bullz.2nd bullz gw pilih karena gw ingin BURJO terbit 2 minggu sekali dalam format BULLetinZ.gw pilih buletin karena gw waktu itu gak bisa desain n belum nemuin tukang desain yg sesuai hati nurani gw (kayak partai aja).untungnya gw inget klo dulu si Anas coba2 bikin proyek zine yg sederhana.akhirnya gw hubungin tu anak n minta bekas desainannya yg waktu itu gagal.pucuk dicinta ulam tiba cie..cie..cie..berbekal desainan si Anas akhirnya BURJO edisi pertama rampung.

sampe disini gw masih punya masalah.masalahnya gw belum punya pasar buat majalah gw.gw sempet mutung, lha gimana gak pusing BURJO dah terbit tapi gak ada yg baca.untungnya Yang Di Atas kasih gw jalan.pas waktu kajian selasa pagi di jurusan gw (B.Indonesia),gw datang pagi2, trus gw sebarin aja BURJO gratis (awalnya emang gratis).gila,gw gak nyangka,antusiasme masyarakat (guaya pol)ternyata sangat tinggi , hingga akhirnya BURJO nyebar ke Ketintang,Sidoarjo,hingga Unmuh Surabaya.bahkan dulu BURJO pernah kerjasama dg Resist zine Banjarmasin untuk program pertukaran artikel (emang mahasiswa doang).awalny gw kasih label 2nd bullz tapi kemudian gw ganti formatnya jadi  Simple Free Zine pas waktu edisi 3.karena BURJO emang zine gratis yg sederhana banget.

pas gw ngelola BURJO gw jadi ngerasain gimana bergelut di bidang media.bidang bisnis yg katanya mampu mengubah manusia sekaligus peradaban.gw sih percaya aja, karena emang gw yakin emang hanya lewat media segala apa yg qt yakini bisa qt sebarin ke khalayak ramai.

oya klo nt semua pengen buat media kayak gw sebenarnya syaratnya gampang

pertama, nt semua kudu pinter nulis.ya iyalah emangnya media nt mo nt kasih apaan klo gak tulisan.maka hukumnya wajib ‘ain harus ada penulis.

kedua, desainer.buat desain media nt.ingatkan, desain menentukan nilai media nt sebelum dibaca, sedang tulisan2 menentukan  nilai media nt setelah dibaca.jadi desainer nih hukumnya fardhlu kifayah,artinya klo udah ada yg keren ngapain cari yg lain.

ketiga,dana.tapi jujur aja bagi gw dana ini hukumnya sunnah.klo ada n banyak ya udah cetak secara eksklusif kayak freemagznya quicksilver.klo gak ada ya udah format emagz(pdf) kayak resist zine juga gak haram.

(ditulis pas ultah BURJO ke satu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s