Hati Mamat sedang berbunga

111229959519_5546507_n

Mamat, tetangga saya pagi itu cengar-cengir sendiri. Saya jadi heran, maklum pagi itu gak ada hujan, gak ada angin, pagi itu cuaca cerah.opo’o mat, ono opo kok awakmu cengar-cengir dhewe kaet maeng? Obatmu entek ah?, tanya saya. Sampean iku iso ae cak, jawabnya sambil menenteng ember penuh cucian. Atiku dino iki seneng cak, soale gak udan, adhine aku iso umbah-umbah, kumbahanku soale wis numpuk, jawabnya sekali lagi memberikan alasan kenapa pagi itu Mamat cengar-cengir.

Usut punya usut sejak hari kamis Mamat berencana nyuci, tapi karena cuaca gak mendukung baru hari senin dia bisa nyuci dengan puas. Yo opo ya cak, sampean bayangno, kaet dino kemis aku kepingin umbah2. kemis mendung, jumat sing biasane panas, gak ero karepe Gusti Allah, kok melok mendung pisan, malah pas mari jumatan udan deres. Trus sabtu ambe’ minggu udan kaet isuk. Katanya sambil berjemur, eh bukan ding, tapi menjemur pakaian di belakang. Padahal kumbahanku wis numpuk, lek masalah kaos ambe’ klambi se gak masalah, lha iki masalae sempakku wis entek, iki ae tak gae kaet kemis, katanya lagi. Kurang ajar, nggilani temen koen, kata saya. Yo gak nggilani cak, lha yo opo keadaane ngonoe. Mosok aku nyelang sampean, ukurane kan seje , mendengar jawabannya saya jadi terpingkal-pingkal. Tapi tenang ae cak, Alhamdulillah, mumpung saiki panas kuabeh tak umbah. Mulai saiki aku gak males maneh cak. Wong males iku akeh rugine, yo koyo’ aku iki cak, saiki gatelen, abang kabeh.

Melihat kondisi Mamat, saya mendapatkan pelajaran. Pertama, Mamat pintar mengambil momen, mumpung panas maka ia gunakan untuk mencuci sepuas2nya. Kedua, Mamat pandai bersyukur, ia gembira ketika diberi keadaan hari yg cerah. Walaupun cuciannya menumpuk, ia cuci semuanya dg senang hati, dan ia gunakan seluruh potensinya. Karena mumpung panas, pasti semua cucianku kering, mungkin begitu batin Mamat. Tapi yg paling penting adalah pelajaran Ketiga, yaitu Mamat sadar kesalahannya yg terdahulu dan segera kembali ke jalan yg benar pada waktu yg tepat. Ia sadar akan kemalasannya, dan akibatnya adalah (maaf) doi kehabisan cd, trus jadi gak ganti cd selama 5 hari yg menyebabkan gatal2 dan iritasi. Oleh karena itu, mumpung panas, maka ia gunakan tuk mencuci semua pakaian kotornya.

Oleh karena itu saya ingat Samuel P Huntington. Doi bilang lawan ideology Kapitalisme berikutnya setelah Komunisme adalah Islam. Huntington paham waktu itu Komunisme udah gak bisa diharapkan dan mulai melemah. Akhirnya Komunisme runtuh bersama Uni Soviet sebagai negara pengembannya. Huntington juga paham bahwa suatu ketika Kapitalisme akan kalah dan yg mengalahkannya adalah Islam.

Bahkan menurut Huntington lagi, bahwa potensi Islam menggusur peradaban Barat dan Kapitalismenya semakin nyata apabila Islam memiliki negara inti sebagaimana kapitalisme dengan Amerika dan komunisme dg Uni Sovietnya. Lebih berbahaya lagi apabila umat Islam menegakkan kekhilafahan yg lebih dari sekedar negara inti dan lebih tangguh dari sekadar negara inti. Kekhilafahan diperkirakan mampu menandingi bahkan menyalip dua kekuatan utama hari ini yaitu Amerika dan Uni Eropa. Oleh karena itu NIC dalam analisisnya menyatakan bahwa salah satu kekuatan besar yg akan muncul di masa yg akan datang adalah apa yg disebut the new Caliphate.

Kapitalisme sendiri sih akhir2 ini juga mulai batuk2. Pilar penyangga ekonominya mengalami guncangan berat di Amerika, Eropa, dan merembet ke seluruh dunia menciptakan momok bernama Krisis Global. Dimulai dari bursa saham yg tiba2 kacau, bank2 pun mulai banyak yg bangkrut, gak pake lama ribuan, jutaan, hingga milyaran perusahaan mulai ikut bangkrut. Termasuk yg terbaru adalah para penguasa otomotif Amerika seperti Ford, General Motor, dan Chrysler terancam gulung tikar.

Tapi mungkin banyak yg gak tau apa itu kekhilafahan. Kekhilafahan sendiri merupakan sistem pemerintahan Islam. Negaranya disebut sebagai Daulah Khilafah dan kepala negaranya disebut sebagai Khalifah. Kekhilafahan adalah kepemimpinan umum bagi seluruh kaum muslimin di dunia untuk menegakkan hukum-hukum Syariat Islam dan mengembang risalah Islam ke seluruh penjuru dunia. Intinya, Khilafah adalah kepemimpinan tunggal bagi kaum muslimin, mengatur urusan kaum muslimin baik urusan dunia maupun agama, dan menjaga kaum muslimin baik individu2nya hingga tanah airnya dari musuh2 Islam. So, artinya Khilafah itu hanya satu doang memimpin seluruh kaum muslimin mulai dari Maroko hingga Indonesia.

Sek,sek, sek, tunggu dulu. Mungkin kamu semua ragu2 n bertanya-tanya kayak Mamat yg juga ragu2 antara jadi nyuci hari itu atau gak sama sekali. Apa mungkin bisa kaum Muslimin mewujudkan ini semua? Trus 50an negara yg ada saat ini bagaimana? Trus mampu gak SDMnya? Jangan2 hanya mimpi doang? Jawabannya kita bisa lihat Uni Eropa saat ini. Waktu pertama kali digagas banyak yg nyangkal gak bisa terwujud apa itu namanya persatuan Eropa. Latar belakang, sejarah, hingga masalah ketatanegaraan membuat cita2 penyatuan Eropa saat itu mustahil terjadi. Akan tetapi halangan itu sirna ketika masyarakat Eropa menyadari bahwa eksistensi Eropa gak ada apa2nya di depan Amerika bahkan kekuatan ekonomi Jepang bila mereka tidak bersatu. Maka mulailah apa yg disebut pasar Eropa bersatu, persatuan ekonomi Eropa, hingga penggunaan mata uang tunggal Euro. Dampaknya mulai nampak ekonomi Eropa mengimbangi bahkan melampaui Amerika. Akhirnya Uni Eropa tidak hanya melakukan hubungan ekonomi antar anggotanya saja. Persatuan politik, sosial budaya, pendidikan hingga militer mulai digagas. Kebijakan bebas visa antar negara Eropa dan bahkan rencana peleburan negara2 Eropa menjadi hanya Uni Eropa pun mulai menggelinding bak bola salju. Lalu apakah salah jika kaum muslimin bersatu, bersatu agar gak hanya jadi barang sadu’an negeri2 penjajah model Amerika, Israel, dan Inggris. Bersatu agar gak terus2an dijadikan jongos dan kambing hitam. Bersatu agar menjadi kekuatan yg disegani seperti beberapa abad yg lampau. Bersatu agar kembali menjadi mercusuar ilmu pengetahuan seperti zaman kekhilafahan Abbasiyyah dulu di Baghdad.

Oke, oke bersatu, tapi kalo bandingannya Eropa, mosok wong Islam mampu? SDMnya ada gak? Ok, tahukah anda bahwa para ahli perangkat lunak di pabrik microsoft sana kebanykan adalah orang Pakistan dan mereka muslim. Untuk mencari orang ahli dari Maroko hingga Indonesia itu gampang. Kaum Muslimin hari ini banyak melahirkan ahli2, ilmuwan2, negarawan, hingga pemain bola. Tinggal mindsetnya aja dirubah maka jadilah satu kesatuan yg dahsyat. Toh selama ini yg membuat Islam jalan di tempat kan berasal dari pola pikir kaum muslimin sendiri. Pola pikir merasa gak mampu. Pola pikir gak mungkin. Pola pikir ragu2. Pola pikir gak iso, gak mungkin melawan Amerika, gak mungkin kita bisa seperti Rasulullah, gak bisa seperti Muhammad Al Fatih. Klo pola pikir kita seperti ini apa bedanya ama Abu Jahal dan Abu Lahab yg merasa kecil n merasa gak mungkin bisa menyatukan jazirah Arab dan mengalahkan Romawi dan Persia adikuasa waktu itu. Toh dulu Rsulullah telah mengajarkan kepada para sahabat, para tabi’in, tabi’it tabi’in, dan kita (klo masih mo diakui) umatnya agar tidak mudah putus asa dan berani berkata dan bertindak di jalan kebenaran. Sebagaimana perkataan Mughirah bin Syu’bah di hadapan Rustum jenderal Persia, “dunia bukanlah tujuan kami. Cita2 dan tujuan kami adalah akhirat. Allah telah mengutus kepada kami Rasul dan Dia berkata kepadanya (yg maknanya): Aku telah memberikan kekuasaan kepada kaum ini (kaum Muslimin) atas orang-orang yg tidak tunduk pada agam-Ku.” Rustum bertanya lagi, “agama apa itu?” dan dijawab oleh Mughirah, “Pilar yg tegak di atasnya kesaksian, bahwa tiada tuhan yg berhak disembah selainAllah dan Muhammad adalah Rasulullah, serta pengakuan atas semua yg datang dari-Nya.”

Toh bukankah sejak kecil kita menghafal kalimat Syahadat, kita membacanya tiap sholat2 kita, kita melafalkannya pada dzikir2 kita di malam2 Ramadhan. Bukankah kita telah menjasadkan kesaksian itu pada diri kita. Lalu kenapa umat yg disebut terbaik dalam Al Qur’an, umat yg diberi kekuasaan oleh Allah untuk memimpin dunia, hari ini masih terlihat keraguan di wajahnya, masih menggumam “opo mungkin??!!”, bahkan dengan lapang dada menyerahkan kekuasaan itu ke tangan musuh2 Allah.

Saatnya kita tobat kawan, sebagaimana Mamat yg sadar akan kelalaiannya. Saatnya kita bangkit sobat, bangkit bersama Islam. Bangkit bersama Islam tuk membebaskan dunia yg saat ini dikuasai oleh segelintir manusia. Bangkit bersama Islam dan menjadikan Islam kembali menjadi ANCAMAN.

3 thoughts on “Hati Mamat sedang berbunga

  1. keren mas tulisan pean keren…mas aku uruk ono nulis, tapi ojok sing ngeres2 ngunu cak…wes yo mas..aku jek ngedit blog ku..blokku rak isok metu gambarku..piye iku…

  2. keren mas tulisan pean keren…mas aku uruk ono nulis, tapi ojok sing ngeres2 ngunu cak…wes yo mas..aku jek ngedit blog ku..blokku rak isok metu gambarku..piye iku…
    ngeres apane ndra.yo meneh ae nang kampus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s