Isi dari kitab Siyasah as Syar’iyah, Syaikhul Islam Ibn Taimiyah hal 168

فصل

يجب أن يعرف أن ولاية أمر الناس من أعظم واجبات الدين بل لا قيام للدين ولا للدنيا إلا بها . فإن بني آدم لا تتم مصلحتهم إلا بالاجتماع لحاجة بعضهم إلى بعض ، ولا بد لهم عند الاجتماع من رأس حتى قال النبي صلى الله عليه وسلم : « إذا خرج ثلاثة في سفر فليؤمّروا أحدهم » . رواه أبو داود ، من حديث أبي سعيد ، وأبي هريرة .

وروى الإمام أحمد في المسند عن عبد الله بن عمرو ، أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : « لا يحل لثلاثة يكونون بفلاة من الأرض إلا أمروا عليهم أحدهم » . فأوجب صلى الله عليه وسلم تأمير الواحد في الاجتماع القليل العارض في السفر ، تنبيها بذلك على سائر أنواع الاجتماع . ولأن الله تعالى أوجب الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر ، ولا يتم ذلك إلا بقوة وإمارة . وكذلك سائر ما أوجبه من الجهاد والعدل وإقامة الحج والجمع والأعياد ونصر المظلوم . وإقامة الحدود لا تتم إلا بالقوة والإمارة ؛ ولهذا روي : « إن السلطان ظل الله في الأرض » ويقال ” ستون سنة من إمام جائر أصلح من ليلة واحدة بلا سلطان ” . والتجربة تبين ذلك .

HAL 168 JILID SATU KITAB ASSIYASAH ASSYARIYAH KARANGAN IBNU TAIMIYAH TAQIYUDDIN ( LIHAT MAKTABAH SYAMILAH )

TERJEMAH :

PASAL 8

WAJIB UNTUK DIKETAHUI BAHWA MENGURUSI DAN MELAYANI KEPENTINGAN, KEBUTUHAN, KEPERLUAN MANUSIA MERUPAKAN KEWAJIBAN TERBESAR AGAMA. BAHKAN SAKING PENTINGNYA, AGAMA DAN DUNIA TAK BISA TEGAK TANPANYA. MAKA SUNGGUH BANI ADAM PUN TAK LENGKAP KEMASLAHATANNYA TANPA ADA PERTEMUAN/PERKUMPULAN (IJTIMA’) TERLBIH DAHULU SATU SAMA LAIN. DAN IJTIMA’ HARUS ADA PEMIMPINNYA SAMPAI NABI BERSABDA :

« إذا خرج ثلاثة في سفر فليؤمّروا أحدهم » . رواه أبو داود ، من حديث أبي سعيد ، وأبي هريرة .

ARTINYA : JIKA KELUAR TIGA ORANG UNTUK BERSAFAR(BEPERGIAN) HENDAKLAH MEREKA MENGANGKAT SALAH SATU DARI MEREKA SEORANG PEMIMPIN.( HR ABU DAWUD DARI HADIST ABU SA’ID DAN ABU HURAIRAH)

DAN IMAM AHMAD JUGA TELAH MERIWAYATKAN DALAM MUSNADNYA DARI ABDULLAH BIN AMR BAHWA NABI صلى الله عليه وسلم BERKATA : TIDAK HALAL(DIBOLEHKAN) BAGI TIGA ORANG YANG BERADA DIPADANG PASIR( KETIKA SAFAR ) KECUALI SALAH SATU DARI MEREKA HARUS DITUNJUK SEBAGAI PEMIMPIN. MAKA NABI MEWAJIBKAN UMATNYA UNTUK MENGANGKAT PEMIMPIN BAHKAN DALAM KELOMPOK KECIL SEKALIPUN. SEBAGAI BENTUK PERHATIAN BAHWA ITU JUGA KEWAJIBAN DALAM SEGALA MACAM JENIS PERKUMPULAN(IJTIMA’). DAN KARENA ALLAH JUGA MEWAJIBKAN KITA AMAR MA’RUF NAHI MUNKAR, DAN ITU TIDAK AKAN PERNAH BISA DILAKUKAN TANPA ADANYA KEPEMIMPINAN. DAN JUGA TENTANG DIWAJIBKAN JIHAD, MENEGAKKAN KEADILAN, HAJI, MENGUMPULKAN ZAKAT, MENGADAKAN SHOLAT IED, DAN MENOLONG ORANG YANG TERDZOLIMI. DAN MENERAPKAN HUKUM HUDUD JUGA TAK BISA DILAKUKAN TANPA ADANYA IMARAH (KEAMIRAN). DAN UNTUK INI SAMPAI ADA RIWAYAT : SESUNGGUHNYA PENGUASA( SULTON) ADALAH PERLINDUNGAN DARI ALLAH DI BUMI. DAN DIKATAKAN : 60 TAHUN DIBAWAH PEMIMPIN YANG (IMAM JAIR) LEBIH BAIK DARI PADA 1 MALAM TANPA SULTAN. DAN PENGALAMAN MEMBUKTIKAN HAL ITU. WAALLAHU A’LAM BISHAWAB

DITERJEMAHKAN OLEH : ANAS BIN SU’UD

JAWABAN DARI SIAPAKAH “PEMIMPIN: DAN “SISTEM APA” YANG DIMAKSUDKAN OLEH TEKS INI ADALAH DENGAN PERTANYAAN TENTANG

  1. SIAPA DAN DENGAN SISTEM APAKAH YANG BISA, MAMPU, PANTAS MENEGAKKAN AMAR MA’RUF NAHI MUNKAR ?
  2. SIAPA DAN DENGAN SISTEM APAKAH MENJALANKAN SEMUA PERINTAH SYARA’ ?
  3. SIAPA DAN DENGAN SISTEM APAKAH YANG BISA, MAMPU, PANTAS MENERAPKAN HUKUM HUDUD ?
  4. SIAPA DAN DENGAN SISTEM APAKAH YANG BISA, MAMPU, PANTAS DISEBUT OLEH SEBAGAI PELINDUNG DARI ALLAH DI MUKA BUMI ?

SAYA SANGAT BERHARAP ANDA TIDAK MENJAWAB PRESIDEN DAN DENGAN SISTEM DEMOKRASINYA KEMUDIAN KITA HARUS MENCONTRENG UNTUK MENENTUKAN SIAPAKAH YANG LAYAK JADI PEMIMPIN DENGAN UKURAN PALING SEDIKIT KEDZALIMANNYA KARENA KEHANCURAN BESARLAH BAGI ORANG YANG MENGATAKAN ITU.

JIKA ANDA RAGU TENTANG PENGERTIAN IMAM, IMAMAH, AMIR, IMARAH, KHALIFAH, KHILAFAH, SULTON, DAULAH SILAKAN RUJUK KITAB-KITAB ULAMA SALAFUSH SHALIH KARENA ITU SEMUA HANYA SAMA MAKNA BEDA ISTILAHNYA SAJA ! YANG JELAS ARTINYA BUKAN PRESIDEN.

UNTUK DIKETAHUI :

ADANYA UNGKAPAN “60 TAHUN DIPIMPIN IMAM JAIR LEBIH BAIK DARIPADA SATU MALAM TANPA SULTAN” SAYA KATAKAN INI BUKAN HADIST, JIKA SAYA SALAH COBA BUKTIKAN DENGAN MENCARINYA DI MAKTABAH SYAMILAH DAN BERITAHU SAYA. DAN YANG SAYA TEMUKAN, HADIST YANG ADA DI SETIAPA KITAB INI SELALU DIBERI TAMBAHAN SIAPA PERAWINYA, KALAUPUN TIDAK ADA MINIMAL SELALU DIBERI TANDA « UNTUK MEMBEDAKAN MANA HADIST MANA YANG BUKAN. DAN TENTANG “60 TAHUN DIPIMPIN IMAM JAIR LEBIH BAIK DARIPADA SATU MALAM TANPA SULTAN” SAYA TIDAK TEMUKAN APA APA SELAIN TANDA ( ” ) SEBAGAI PETUNJUK BAHWA INI HANYA UNGKAPAN SAJA. WALLAHU A’LAM BISHAWAB.

KALAUPUN ANDA MASIH MENYANGKAL BAHWA INI HADIST DAN ANDA PUNYA BUKTI YANG KUAT MAKA SAYA TERIMA ITU. AKAN TETAPI, YANG JELAS UNGKAPAN INI TIDAK DAPAT ANDA JADIKAN PIJAKAN PEMBENARAN ANDA ( OH MAAF ANDA BENAR JIKA PARA CALEG ATAU CAPRES ITU “JADI” MEREKA TIDAK AKAN BISA MEMBERIKAN KEADILAN APALAGI KESEJAHTERAAN KECUALI HANYA KEDZALIMAN SAJA. DAN ANDA BISA BAYANGKAN APA JADINYA RAKYAT JIKA PENGUASA SEPERTI ITU MEMIMPIN ? )

SEHARUSNYA ANDA HARUS MEMUHASABAH : BETAPA SENGSARANYA DIPIMPIN PENGUASA YANG ZALIM SELAMA 60 TAHUN, SEDANGKAN KITA, INDONESIA, 65 TAHUN SUDAH TELAH DIPIMPIN PENGUASA DZOLIM, SEDANGKAN DUNIA ISLAM, 85 TAHUN TANPA KHILAFAH, APALAGIJIKA TIDAK ADANYA SULTON ATAU PEMIMPIN DENGAN INSTITUSI ISLAM YANG BERLANDASKAN HUKUM ALLAH YAITU : DAULAH KHILAFAH ALAA MINHAJ AN NUBUWWAH DIMUKA BUMI INI !

DAN JIKA ANDA TELAH MEMAHAMI INI, MAKA – SAYA YAKIN – ANDA AKAN TERMOTIVASI UNTUK BERJUANG BERSAMA PARA PENGUSUNG BENDERA LAA ILAAHA ILLA ALLAH MUHAMMADU ROSULULLAH. SEMOGA

One thought on “Isi dari kitab Siyasah as Syar’iyah, Syaikhul Islam Ibn Taimiyah hal 168

  1. Suhbanallah, akhy… ana muwafik jiddan bima katabta… mari terus berjuang menegakkan Al-Khilafah ‘ala minhajinnubuwwah…

    AL_FAQIER

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s