Iuran Sebutir Pasir

siang ini mendung tiba2 datang. daripada bete saya coba2 buka komputer, niatnya mo liatin bahan2 yg kemarin saya dapat darai internet. lagi asyik melototin layar komputer saya dikegetin pak haji tetangga rumah. dia manggil2 saya dan abah. “ada apa gerangan??”, saya bertanya-tanya. “oh ternyata lagi ada kerja bakti”. kebetulan pengembang perumahan di kampung saya kerja sama ama pihak desa nyumbang sertu (pasir dan batu) untuk meratakan jalan kampung saya yg jadi akses ke perumahan. kebetulan jalannya udah mulai gak rata. karena tu sertu diletakkan begitu saja di tengah2 jalan maka menjadi tugas warga sekitar untuk meratakannya.

sahara-desert-sand-dunekondisi siang ini lagi mendung n mau hujan belum lagi warga yg masih agak kaget kok tiba2 ada tumpukan sertu di sepanjang jalan kampung. beberapa warga (kayak saya, abah, dan pak haji sebelah rumah) tanpa banyak omong langsung turun tangan (sebelum keburu hujan). tapi cak Dar (tetangga depan rumah) malah menggerutu. sambil bantu2 nyangkul cak Dar kasih komentar. “harusnya nih jalan gak sekedar di lapisi sertu doang. karena klo sertu aja mubazir, klo panas jadi berdebu, klo hujan sertunya hilang dibawa air. harusnya nih jalan ya diaspal ulang”.betul juga ide cak Dar, dia paham masalah n solusi jalan di kampung lebih dari ketua RT,ketua RW, dan pak Lurah. toh bagi saya gerutuan cak Dar gak masalah bagi kami yg waktu itu kerja bakti bareng2. karena apa? karena tidak sedikit tetangga saya yg cuma diam n bengong aja liat kami nyangkul, angkat2 sertu, ngeratain jalan, sambil meminggirkan batu2 besar (yg ikut di dalam sertu) kayak orang lagi panen ubi. ada juga tetangga saya yg kelihatannya semangat banget bantu2 n angkat sertu,tapi gak taunya tu sertu malah dipake buat ngeratain halaman rumahnya (mumpung gratis kali).tapi ada juga yg bikin bete,kayak saudara saya. pas lagi pegel2nya abis kerja bakti,dia malah komentar begini,”ngapain sih ikutan kerja bakti (dia emang gak ikutan kerja bakti)? padahal kerjaan rumah aja belumkelar n banyak yg gak beres”. mendengar celetukan gini, saya bilang ke dia,”ya udah klo gitu kita beresin rumah sampeyan.mumpung masih kotor saya bantuin”. eh dianya malah bilang “gak usah, udah mau hujan. lagian baju saya masih bersih, besok saja” ya elah nih orang.

melihat beragam ekspresi tetangga saya siang tadi saya jadi ingat Palestina (dan berjuta masalah di sana). saya dan kebanyakan tetangga saya yg tadi ikutan bantu2 kayak berbagai macam ormas Islam di negeri ini.yg kaget, langsung bereaksi,dan bersimpati. mereka demo dan menggalang berbagai macam bantuan,tapi sayangnya mereka lupa “apa sih akar masalah Palestina”. beda ama cak Dar, bagi saya dia sadar, langsung bereaksi, dan memiliki simpati kayak yg lain. tapi dia juga tau akar masalah dan solusinya. saya bayangin andai kaum muslimin sadar dan akar masalah di sana (juga akar masalah dunia Islam) serta solusinya.pasti gak pake lama masalah di Palestian (dan seluruh dunia Islam) akan selesai. kaum muslimin akan meraih (cita-citanya selama ini) Izzul Islam wal Muslimin.

tapi sayangnya kaum muslimin mirip tetangga saya kebanyakan yg hanya diam n ndlomong saja liat saudaranya kesusahan. bahkan mereka diam aja (ada juga yg kagum) pas ngeliat orang lain yg sok bantu2 tapi palsu. mereka pada kagum pas melihat tetangga saya yg giat banget ngangkutin sertu (yg buat jalan kampung), tapi dibelokin ke rumahnya semua (emang tu sertu pembelian mbahnya apa??).kayak kaum muslimin yg terkagum-kagum liat n dengerin pidato Obama di Mesir kemarin.gara2 Obama pake salam, nyitir ayat Al Qur’an, n janji mendamaikan Palestina.mereka lupa Obama tu cuma mentingin negaranya doang.bagi Obama, Amerika harga mati!!.mau Palestina perang, Iraq perang, Afghanistan ama Pakistan perang, dunia Islamperang, gak peduli.yg penting Amerika aman,tentram, sentosa. emang gue pikirin, dunia Islam kan urusan orang Islam dari Maroko sampai Indonesia. ngapain Amerika ikut campur. klo Amerika sekarang sok baik karena negeri2 tersebut kaya raya n jadi sumber energi bagi Amerika. Amerika sok care supaya dapat limpahan kekayaan tersebut dg murah n sapa tau malah gratis.

tapi yg lebih nyebelin ada mereka2 yg mirip saudara saya. mereka gak peduli masalah Palestina (dan masalah dunia Islam lainnya) dg alasan masalah dalam negeri lebih penting. padahal mereka cuma omdo, buktinya masalah negeri ini masih banyak (malah makin ruwet aja). siapa mereka?? ah ente semua pasti udah hapal wajahnya.toh mereka rutin keluar di tivi, nampang di koran, n nanti pas 9 Juli pasti nongol di bilik suara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s