Senopati Pamungkas jilid 1

ada sebuah novel yg membuat saya kagum. kekaguman saya pada novel tersebut sama dg kekaguman saya kepada “Musashi”. novel tersebut berjudul “Senopati Pamungkas”, sebuah novel babon (novel ukuran besar) karangan anak negeri. novel ini adalah buah tangan Arswendo Atmowiloto. berkisah tentang kehidupan Upasara Wulung, seorang Senopati Pamungkas yaitu prajurit khusus yg dipersiapkan oleh Raja Kertanegara, raja terakhir Singosari.

seperti sebuah pesan “terkadang peristiwa kecil ditentukan oleh peristiwa besar”, kisah Upasara Wulung yg terseret kedalam perebutan kekuasaan antara Singasari dg Gelang-gelang/Kediri hingga penyerbuan tentara Tatar dan pendirian kerajaan Majapahit. dan itu semua ditambah dg adanya pertarungan para pendekar silat dari 8 penjuru mata angin demi gelar “Lelanangin Jagad” dan perebutan kitab silat “Kartika Parwa” dan “Bantala Parwa”. yg pasti ada beberapa alasan mengapa saya kagum dan suka pada novel ini.

1. novel ini menampilkan salah satu babakan sejarah negeri ini. jika “Musashi” fokus pada era Tokugawa (salah satu babak sejarah Jepang), novel ini menampilkan masa transisi antara Singasari ke era Majapahit.

2. novel ini menyajikan silat dan berbagai macam jurus yg bagi saya keren (pokoknya ngalah2in “rasengan”nya Naruto atau “kamehame”nya Goku). seperti jurus “Dwidasa Nujum Kartika-dua belas pukulan bintang”, “Bramara Bekasakan-lebah hantu”nya adipati Lembu Sora, “Timinggila Kurda-pukulan ikan gajah”nya Ramapati, dan lain sebagainya.

3.novel ini banyak menampilkan tokoh sejarah. buat yg demen tau pengen tau sejarah Singasari dan Majapahit baca aja novel ini.

oke gak banyak omong silahkan download novel “Senopati Pamungkas”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s