Deja Vu

Satu buah entry kosakata tiba-tiba lenyap begitu saja dari memori otak gw, plaass kayak dompet yg ketinggalan di terminal. Terus terang gw bingung banget, gw coba melakukan apa yg dilakukan kuburan band tapi tetep gak ketemu juga. Gw mencoba mensejajarkan seluruh deretan abjad mulai dari a, b, c, d, e..sampai z tetep gak ketemu juga.walkinghe8
Gw jadi makin pusing. Kemudian gw bongkar perpus pribadi gw. Mulai dari Laskar Pelangi, Filosofi Kopi, hingga Professor and The Madman-nya Simon Winchester gw buka2. gak cukup sampe disitu, seluruh Openmind edisi lama, Neraka Guantanamo-nya Moazzam Begg, hingga Rekayasa Sosial-nya kang Jalal gw pelototin tetep gak ketemu juga. Gw cuman ketemu kosakata Dul Muluk, Bedlam, hingga Polygloth. Gw panik, maka kemudian gw nerapin ilmunya Gus Dur, tidur. Sapa tau pas tidur gw dapat ilham kayak biasa yg gw lakuin. Bukannya dapat ilham gw malah dapat desi, gimana coba gw malah mimpi basah. Perasaan dari mau tidur gw cuman bayangin huruf ama kosakata (suer gw gak bayangin Dian Sastro sama sekali).
Ya udah terpaksa deh gw mandi. Tapi mumpung di kamar mandi gw melakukan ritual yg biasa dilakuin sastrawan gila, nongkrong di WC. Lama gw nongkrong eh ilham gak muncul2 juga (ya iyalah, ilham kan demen ke warkop bukan ke WC). Ya akhirnya gw mandi juga. Pas mandi gw bayangin Archimedes, tapi karena kamar mandi gw tipe kamar mandi kampung maka gak mungkin klo gw masuk ke bak mandi. Bisa2 emak gw marah ato gw malah dipatil ikan lele yg jadi penghuni bak mandi, berabe kan. Ya udah gw tetep mikir sambil mandi, tapi tetep hasilnya nihil.
Gw akhirnya cuma bisa bilang apa ya? Apa ya? Kok gak tau sih?. Karena buntu akhirnya gw ingat tipsnya pak Taufik Ismail, gw sholat. Biasanya pas sholat gak tau darimana tiba2 kayak ada yg bisikin. Tapi tadi pas gw sholat gw malah gak dapat tu bisikan, malah gara2 gw sok serius malah sholat gw jadi khusyuk. Gw blank se-blank-blanknya.
Ya udah jalan satu-satunya gw mau ke warnet. Mo nyari di wikipedia atau mbah Google, sapa tau ada. Tapi sebelum gw ke warnet gw nyoba tanya ke dua orang dedengkot penulis yg gw kenal, mbak Ria Fariana ama mbak Kanasangoutlier. Gw SMS mereka dg setengah hati karena gw udah capek banget mikir. Gw udah kayak Chris John yg udah tarung 12 ronde tapi lawannya gak roboh2. Sebelum bel berakhir gw nyoba peruntungan terakhir, eh usaha gw berbalas. HP gw berdering dan dari seberang sana sebuah harapan muncul. Akhirnya ketemu juga tu entry. Ya gw akhirnya menemukan kembali kata “De Javu” sebuah istilah yg menggambarkan tentang sebuah peristiwa yg kayaknya pernah kita lakukan sama persis tapi di waktu yg lain.
***
Melihat usaha gw, seorang kawan komentar “coba klo para capres-cawapres usahanya seperti kamu, pasti masalah negeri ini cepet selesai”.
Mendengar koment temen gw tadi gw cuman bisa bales “harusnya gak para capres doang, harusnya nt, gw, dan seluruh kaum muslimin. Coba klo kita tau “harta” Islam yg hilang dan mencurahkan segenap usaha untuk mencarinya, pasti kondisi kaum muslimin gak jadi kayak gini. Lagian ngapain sih sibuk ngurusin capres, mereka kan gak sibuk “ngurusin”, tapi “nggemukin” diri sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s