Harom

Slamet yg udah lama tobat tiba-tiba saja tanpa diundang mengunjungi Mamat. “Assalamulaikum..”, teriak Slamet dg suara serak-serak becek di depan pintu rumah. “Waalaikumussalam..wah bikin kaget. Ada kabar apa nih Met?”, tanya Mamat basa-basi. Tanpa basi-basa Slamet langsung duduk, “aku lagi bingung nih Mat, mumet pokoknya..”, cerocosnya. “ada apalagi, masih urusan mbok Darmi? Kayak di dunia ini wanita cuma mbok Darmi aja.”, tanya Mamat sambil menyindir. “itu cerita lama Mat. Gini loh Mat, aku nih bingung waktu lihat tv, masak ada ulama mengharamkan bensin. Kok nggak dari dulu, bukankah dari dulu tuh bensin udah haram. Emang dulu waktu masih edan, aku sering menghalalkan bensin, tak campur arak beras, ama sedikit spirtus. Sampean tau hasilnya? Dua hari aku gak bangun Mat gara-gara minum minuman jahanam tersebut, untung gak modiar kayak sih Sanwani yg minum bensin campur oli samping campur bir. Lha kok baru sekarang bensin diharamkan, gak dulu-dulu.”, curhat Slamet tanpa basa-basi di depan Mamat.

“Wah kelihatannya ente salah denger Mat. Maksud dari berita yg ente barusan sampaikan itu adalah bahwa orang kaya harom mobil atau motornya mengkonsumsi BBM bersubsidi alias premium.”, komentar Mamat terkait curhatan Slamet.

“Wah kok kayak jaman PKI Mat?”, Slamet tanya sambil melongo. “Kok bawa-bawa PKI sih Met?”, Mamat bingung.

“Lha iya Mat. Cerita mbah saya dulu yg hidup di jaman itu katanya orang kaya gak boleh melakukan ini, gak boleh melakukan itu. Orang yg punya sawah harus menyerahkan sawahnya ke orang miskin, gak peduli itu sawah hasil warisan. Lagipula jaman sekarang susah nentuin kaya miskin. Orang kaya itu apakah yg punya HP, walaupun HPnya jadul? Apa yg punya motor? Lha klo motornya kredit? Apa yg punya mobil? Klo begitu bang Togar rugi dong, mikroletnya gak ada yg jalan? Klo yg dimaksud kaya anggota DPR itu baru jos, tapi masak mereka terpengaruh wong gajian ama sambetan mereka kan guedhe banget Mat?”, tanya Slamet sengit.

“Ente betul Met, makanya ane juga gak setuju ama tu berita. Karena kita harus tahu faktanya dulu terkait gonjang-ganjing BBM di negeri ini.”, Mamat tak kuasa menimpali, “ente pernah menggali sumur Met?”

“Apa hubungannya BBM ama gali sumur Mat? Dulu sih pernah emak membuat sumur baru, coz dulu kita nebeng sumurnya mushola. Karena gak enak ama H.Somad, kita sekeluarga sepakat panggil cak Bejo yg punya pekerjaan spesialis goyang ngebor eh ngebor sumur. Terus apa hubungannya ama BBM Mat?”, Slamet menjelaskan sambil bingung.

“Nanti ane jelasin. Sekarang ane mau tanya lagi. Kira-kira setelah selesai ngebor, sampai keluar air, tuh sumur diambil cak Bejo, apa diwariskan ke keluarga ente?”, tanya Mamat diplomatis.

“Ya, diserahin ke keluargaku lagi toh Mat. Cak Bejo hanya terima uang ngebor saja. Tapi aku tetep bingung Mat, terus apa hubungannya sumur ama BBM?”, Slamet kembali bingung.

“Oke Met, karena ente semakin bingung ane jelasin maksud ane. Ane tadi nyampein analogi, tentang kondisi pengelolaan BBM di Indonesia. Ente percaya kan Indonesia tuh negara yg kaya. Selain tanahnya subur, di bawah tanahnya banyak terkandung bahan tambang, salah satunya minyak bumi. Masalahnya pemerintah kayak keluarga ente yg gak mampu ngebor tuh minyak di dalam tanah. Lha yg jadi masalah, bila keluarga ente udah cerdas hanya bayarin cak Bejo uang ngebor dan mengambil tu sumur ke tangan keluarga ente. Faktanya justru pemerintah selesai panggil tukang ngebor, bayarin biaya ngebor, terakhir mereka menyerahkan tuh sumur ke tangan tukang ngebor secara gratis. Jadinya harga BBM jadi mahal.”, Mamat menjelaskan.

“Wah kok gitu ya Mat faktanya. Perasaan walaupun aku gak sekolah ya nggak sebodoh itu nyerahin sumur di tanah warisan mbahku ke tukang ngebor secara gratis. Tapi sek..sek..sek Mat, tadi sampean bilang klo fakta di atas bikin BBM mahal, lha ya itu penjelasan gimana?”, Slamet kembali garuk-garuk kepala.

“Gini Met, misalnya ente punya sumur satu-satunya yg dialirin air, sedangkan satu desa sumur-sumur udah pada kering. Penduduk pada butuh air, terus apa yg ente lakukan?”, Mamat kembali memberi kuis ke Slamet.

“Ada dua kemungkinan Mat. Kalo aku yg sekarang udah tobat dan mendalami Islam serta berpola pikir Islam pasti aku gratisin orang ngambil air di sumur, wong itu sumur warisan dan airnya diberi gratis ama Gusti Allah, asal keluargaku gak kekurangan air, silahkan penduduk ambil air sebanyak-banyaknya. Tapi klo aku yg dulu Mat, waktu masih edan, waktu masih kesurupan kapitalisme, pasti orang-orang aku suruh bayar, klo bisa bayar yg mahal. Pasti tu air aku komersilin. Oke, akhirnya aku paham maksud sampean kenapa kok BBM di negara ini jadi mahal lha wong dikuasai ama tukang ngebor asing yg klo gak salah namanya Exxon Daratista.”, jawab Slamet dengan semangat.

“Exxon Mobile Met, ngapain bawa pemain dangdut. Oleh karena itu Met ane kagak demen ama tu fatwa. Lagipula kata UUD yg ane hapal waktu MI dulu berbunyi bahwa “Bumi, air, dan kekayaan alam yg terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesarnya-besarnya untuk kemakmuran rakyat”, kagak peduli rakyatnya miskin atau kaya. Lagipula Kanjeng Nabi pernah bersabda, “manusia berserikat dalam tiga hal; air, api, dan padang gembala” yg artinya bahwa minyak bumi yg termasuk api tidak boleh dimiliki individu, itu adalah milik rakyat yg dikelola negara, dan diberikan ke rakyat dalam keadaan gratis alias cuma-cuma. Makanya bukan fatwa harom orang kaya beli premium, harusnya yg difatwa harom tu adalah tukang ngebor asing yg nguasai sumber minyak negeri ini, ama harom pemerintah jual BBM yg itu adalah hak rakyat. Masak nyoblos yg diiklanin sebagai hak rakyat gratis, kok BBM malah bayar..”, jawab Mamat bercampur kesal.

“Aku sepakat sama sampean Mat. Jangan-jangan bener katanya mbah H.Satar waktu ngaji bahwa di akhir zaman banyak bermunculan ulama su’ atau ulama jahat yg pekerjaannya menyesatkan umat Islam.”, komentar Slamet dg wajah serius .

“Tau ah Met, emang kurang kerjaan kali. Tapi kita sebagai umat Islam ya harus tetap meluruskan dg amar ma’ruf nahy munkar pada siapapun tidak pandang bulu entah penguasa, ulama,…”, komentar Mamat yg langsung disambar Slamet, “atau orang edan kayak aku Mat…” Wkwkwkwkw.

One thought on “Harom

Tinggalkan Balasan

